Tips Keuangan Untuk Pasangan Baru Menikah

Setelah pesta dan bulan madu selesai, Anda perlu memikirkan bagaimana mengelola keuangan bersama. Masalah keuangan adalah salah satu penyebab paling umum terjadinya pertengkaran dalam pernikahan.


Kalau Anda memiliki perjanjian pranikah tentu tidak banyak masalah. Tapi kalau sekarang semua uang dan aset menjadi milik bersama, ada banyak yang harus diatur. Untuk menghindari masalah terkait keuangan dan pernikahan menjadi langgeng, berikut ini tipsnya;

1. Diskusikan tujuan hidup Anda
Anda perlu tahu tujuan hidup masing-masing untuk menentukan pengeluaran dan strategi investasi. Apakah ingin memiliki anak? Berapa banyak? Apakah ingin membeli rumah? Ada rencana untuk jalan-jalan rutin? Tujuan ini bisa berubah dan sebaiknya Anda meninjau kondisi keuangan sesering mungkin.

Masalah keuangan harus dibicarakan terbuka dengan pasangan/Istimewa
Masalah keuangan harus dibicarakan terbuka dengan pasangan/Istimewa

2. Menetapkan prioritas
Masih berkaitan dengan poin pertama. Masalah terjadi ketika pasangan tidak sepakat dengan prioritas mereka. Sebelum terjadi hal yang lebih rumit, sebaiknya Anda membicarakannya sedini mungkin. Kalau Anda ingin berbisnis, maka uang kedua belah pihak sebagian akan dipakai untuk modal usaha.

3. Menetapkan anggaran bulanan
Langkah pertama adalah membuat anggaran baru bersama, jika sebelum menikah memiliki pemasukan dan pengeluaran masing-masing, maka setelah menikah akan memiliki pemasukan dan pengeluaran bersama. Diskusikan siapa saja yang menjadi sumber pemasukan dan berapa besar pengeluaran bersama dalam satu bulan dengan begitu akan membantu Anda terhindar dari perselisihan mengenai pendapatan dan pemasukan (keuangan) yang sering kali dialami oleh pasangan yang baru saja menikah.

4. Tentukan soal rekening bank
Diskusikan soal memiliki rekening bank terpisah, bersama, atau keduanya. Kemungkinan besar, Anda berdua sudah memiliki rekning individu. Beberapa pasangan ada yang ingin memiliki kebebasan untuk memakai uang dari hasil pendapatannya. Sementara, ada juga yang lebih nyaman berkonsultasi satu sama lain soal pengeluaran. Pastikan semua pilihan keuangan Anda berdua membuat Anda dan pasangan merasa nyaman.

5. Miliki sistem pencatatan keuangan
Catatan keuangan sering diabaikan banyak orang, tapi sebenarnya hal ini sangat penting untuk mempelajari kesehatan keuangan Anda. Di dalam catatan ini termasuk laporan bank, tagihan, pendapatan, dan belanja rutin. Pastikan Anda berdua tahu di mana menemukan catatan ini.

6. Keterbukaan
Keterbukaan secara keuangan adalah hal yang wajib dilakukan dalam sebuah keluarga, karena yang akan diwarisi oleh pasangan kita bukan saja kekayaan namun bisa juga mewarisi hutang. Memang sebaiknya masalah hutang dibicarakan sebelum pernikahan. Keterbukaan mengenai masalah keuangan salah satu hal yang sangat penting. Karena dengan cara seperti itu pasangan kita akan memahami dan menerima segala hal yang mungkin akan terjadi di masa depan tanpa merasa dibohongi.

7. Membuat proteksi atau asuransi
Langkah selanjutnya adalah memproteksi aset Anda, karena setiap aset memiliki risiko. Miliki asuransi kesehatan, jiwa, kendaraan, dan lain-lain. Namun pelajari dengan seksama sebelum membeli premi dari produk-produk proteksi tersebut dan yang paling penting adalah harus sesuai dengan kondisi kantong.

8. Mulai investasi
Investasi di awal pernikahan akan memberi keuntungan besar. Apa yang perlu diinvestasikan? Tergantung pada prioritas bersama. Kalau perlu Anda mencari penasihat keuangan untuk mencapai tujuan keuangan tersebut.

9. Mengatur dana darurat
Dana darurat berfungsi sebagai ‘ban serep’ bagi kondisi keuangan. Kejadian-kejadian yang tak terduga bisa saja terjadi dengan keluarga kita yang menyebabkan keluarnya uang yang tak pernah kita anggarkan. Sebagai contohnya adalah biaya sakit, kecelakaan, kematian, bantuan untuk keluarga dll.


Ping your blog, website, or RSS feed for FreeBacklinks Generator GratisAuto Backlink Gratis Indonesia : Top Link Indoping fast  my blog, website, or RSS feed for Freeping fast  my blog, website, or RSS feed for FreeBACKLINK OTOMATIS GRATIS JURAGAN.Jahe merah,jahe gajah,jahe emprit
Blog, Updated at: 11.33

0 komentar:

Posting Komentar